0


Para pegiat sastra Jawa akan menggelar Kongres Sastra Jawa (KSJ) III di Kota Bojonegoro pada 28-30 Oktober 2011 di Desa Jono Kecamatan Temayang Bojonegoro.

Bonari Nabonenar Ketua panitia KSJ III mengatakan, KSJ III ini terselenggara setelah para sastrawan yang sebelumnya sukses melakukan kongres pertama yang berlangsung di Taman Budaya Surakarta Solo pada (2001), kemudian KSJ II di Sanggar Paramesthi Semarang (2006).

Acara yang digelar setiap lima tahun sekali ini selalu menggunakan tema yang berbeda. Untuk KSJ III kali ini, panitia mengangkat tema ”Peranan Sastra Jawa Modern Dalam Pergaulan Nasional dan Global”.

Dalam acara tersebut, panitia menyiapkan agenda berupa persidangan-persidangan untuk menghasilkan rekomendasi usulan untuk kebijakan pemangku sastra Jawa, baik pemerintah maupun swasta.

"Karena kongresnya para satrawan Jawa, penulis dan pengarang, jadi untuk menandai acara kali ini kita membuat antologi (kumpulan puisi Jawa) yang akan dilaunching dalam acara nanti,” imbuh Bonari disela melakukan gladi bersih di Desa Jono Bojonegoro, Sabtu (15/10/2011).

Acara yang di gelar di Desa Jono Kecamatan Temayang Bojonegoro yang terkenal dengan wisata alamnya ini dengan target 200 peserta. ”Yang melibatkan puluhan sastrawan Jawa, komunitas Sastra Jawa, dan kelompok teater dari berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jakarta,” tandasnya

Sumber : http://wirosableng810.blogspot.com/2011/10/kabbojonegoro-kongres-sastra-jawa-iii.html

Posting Komentar

 
Top